-->

Belajar Membuat Ketupat

Belajar Membuat Ketupat - Ketupat identik sebagai hidangan spesial Lebaran, tradisi ketupat ini diperkirakan berasal dari saat Islam masuk ke tanah Jawa.

Dalam sejarah, Sunan Kalijaga adalah orang yang pertama kali memperkenalkannya pada masyarakat Jawa. Beliau membudayakan dua kali Bakda, yaitu “Ba'da Lebaran” dan “Ba'da Kupat”. Bakda Kupat dimulai seminggu sesudah Lebaran. Pada hari yang disebut Bakda Kupat tersebut, di tanah Jawa waktu itu hampir setiap rumah terlihat menganyam ketupat dari daun kelapa muda. Setelah sudah selesai dimasak, kupat tersebut diantarkan ke kerabat yang lebih tua, menjadi sebuah lambang kebersamaan. 

Ketupat sendiri menurut para ahli memiliki beberapa arti.

Pertama, mencerminkan berbagai macam kesalahan manusia, dilihat dari rumitnya anyaman bungkus ketupat. Yang kedua, mencerminkan kebersihan dan kesucian hati setelah mohon ampun dari segala kesalahan, dilihat dari warna putih ketupat jika dibelah dua. Yang ketiga mencerminkan kesempurnaan, jika dilihat dari bentuk ketupat. Semua itu dihubungkan dengan kemenangan umat Muslim setelah sebulan berpuasa dan akhirnya menginjak hari yang fitri.

nah, kali ini saya memposting justru baru menginjak bulan puasa. maklum sedang tidak ada yang diposting wekekekek....
Lantas bagaimana cara membuat ketupat?
Awalnya memang sulit karena ruwetnya. Konon, di daerah saya (Pasuruan-red) wanita yang tidak bisa membuat ketupat diharuskan menggigit pecahan genting, apabila saat itu kebetulan ia sedang hamil dan bertepatan dengan terjadinya gerhana bulan. (Hohohohoho.... padahal ga tau apa hubungannya ga bisa bikin ketupat dan gerhana bulan). Sebenarnya dalam membuat ketupat hanya butuh telaten karena langkah-langkah pembuatannya cukup sederhana dan mudah diingat.

1. Siapkan bahannya, Bagi pemula baiknya anda belajar dengan menggunakan janur (daun kelapa) karena tidak licin dan panjang sehingga tidak mudah lepas.


2. lilitkan 2 lembar sobekan daun kelapa seperti gambar diatas (posisi ujung harus sama)
3a. rangkaikan lilitan yang kanan ke lilitan di tangan kiri dengan posisi seperti gambar diatas dengan posisi ujung helai tetap di posisi awal (merangkai lilitan ini akan dilakukan sebanyak 3 kali)
3b. ini ketika melewati lilitan kedua di tangan kiri dengan cara dilewatkan bawahnya (kalau yang pertama tadi lewat atasnya)
3c. melewati lilitan ketiga di tangan tangan kiri posisi ujung helai (kuning) tetap jangan sampai terlepas
4. Selanjutnya kita akan merangkaikan lilitan kedua di tangan kanan (kuning)
5a. jika lilitan pertama (kuning) tadi dimulai dari atas, ini dimulai dari bawah
5b.
6. ini lilitan ketiga di tangan kanan (kuning) siap dirangkai ke lilitan kiri (hijau)
6a.
6b.
6c. selesai sudah acara merangkai lilitan, sekarang saatnya menyempurnakan bentuk ketupat
7a. pertama kali, ambil ujung helai warna hijau, silang atau lewatkan diatas helai kuning (lihat gambar diatas)
7b.
7c.
8. setelah itu raih ujung helai kuning yang tadi barusan disilang oleh helai hijau
8a. sebelumnya pindah jari telunjuk kiri anda seperti diatas karena akan dipakai untuk membantu membuat rongga baru oleh helai kuning
8b. seperti ini cara membuat rongga baru oleh helai kuning, dimana ujung jari telunjuk menghalangi helai kuning, dan ujung helai kuning dimasukkan ke rongga helai hijau
8c.
8d.
9a. selanjutnya raih ujung helai hijau yang lain
9b.
9c.
10a. terakhir, lepaskan jari telunjuk anda dari rongga helai kuning karena akan dimasuki oleh helai kuning yang satunya
10b.
10c.
10d.

11. FINISH


Sumber : Sumber

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Belajar Membuat Ketupat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel