-->

Ribuan Orang Hari Ini Terkesima Menyaksikan Gerhana Matahari Total



Ribuan Orang Hari Ini Terkesima Menyaksikan Gerhana Matahari Total - Palm Colve (AFP/ANTARA) - Puluhan ribu orang pada Rabu berbondong-bondong menuju wilayah utara Australia untuk menyaksikan bulan menutupi matahari dalam salah satu fenomena alam terbesar, gerhana matahari total.
Semua mata dan kamera mengarah ke langit saat awan membelah di atas negara bagian Queensland dan bulan secara perlahan-lahan bergerak di antara Bumi dan matahari.
Awan mengancam untuk merusak peristiwa langka itu dan sorak sorai bergema saat awan menepi dan memberikan pemandangan sempurna bagi para pemburu gerhana, ketika bulan benar-benar menutupi matahari dan muncul korona atau lingkaran cahaya yang samar.
“Wow, serangga dan burung-burung menjadi tenang,” tulis salah satu wisatawan, Geoff Scott, di akun Twitter. 
Wisatawan lainnya, Stuart Clark, mengatakan: “Ini dia. Saat ini terjadi gerhana total. Benar-benar indah.”
Jalur gerhana tersebut berlangsung tidak lama setelah fajar ketika bayangan bulan, atau umbra, jatuh di Taman Nasional Garig Gunak Barlu di Wilayah Utara, Australia, sekitar 250 kilometer (155 mil) sebelah timur Darwin.
Umbra kemudian pindah ke timur sebelum jatuh di utara Queensland, salah satu dari beberapa tempat wisatawan serta ilmuwan berkumpul untuk menyaksikan gerhana matahari total pertama di kawasan tersebut selama 1.300 tahun terakhir. 
Gerhana total berlangsung lebih dari dua menit dari pukul 06.38 (Selasa 2038 GMT) waktu setempat, dan para pengamat gerhana mengenakan kacamata khusus untuk melindungi mata mereka. (ai/pt)


sumber : Yahoo News


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ribuan Orang Hari Ini Terkesima Menyaksikan Gerhana Matahari Total"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel