-->

Penghasilan Spam hanya 200 juta Dolar


Berapa banyak kita terima spam setiap hari? Tak terhitung. Sebenarnya, bagaimana para spammer menghasilkan uang dari spam-spam itu? Dan apa seberapa besar keuntungan yang mereka peroleh, hingga sedemikian gencarnya menyebarkan spam ke seantero jagat maya?
Justin Rao dari Microsoft dan David Reiley dari Google memperkirakan bisnis spam di seantero dunia  setidaknya menghasilkan revenue sebesar 200 juta dolar AS, padahal biaya yang dibutuhkan setidaknya 100 kali lipat dari itu. Demikian analisa mereka seperti yang dipublikasikan di Journal of Economic Perspectives belum lama ini. Agaknya profit yang dihasilkan tidak sepadan dengan gangguan yang dihasilkan ke seluruh user sedunia.
Mengirim spam memang murah. Namun berapa banyak orang yang akan meresponnya? Rao dan Reiley mengestimasikan hanya 1 dari 25.000 orang penerima spam akan meresponnya dengan positif.
Para spammer juga sering memikirkan berbagai strategi agar mendapat respon dari penerima. Mulai dari memakai judul email yang heboh, sampai godaan seolan si penerima email mendapat hadiah lotre, warisan, dan sebagainya. Ada juga cara mengintervensi pihak tertentu dengan merayu user akan dibayar sekali klik dan membaca spam tersebut, dengan harapan user tergoda untuk meresponnya secara positif.
Ada pula spam yang menghalalkan cara tak jujur, yakni dengan menambatkan link pada pesan, membuat user tergoda mengkliknya, dan ternyata link tersebut menuju ke laman web yang mengandung malware.
Bagaimana agar “bisnis spam” ini segera tutup buku dan tidak mengganggu kita lagi? Rao dan Reilly menganjurkan user untuk selalu memakai program antispam, sehingga ini menyulitkan spammer menyebarkan spam-nya. Itu juga berarti membuat mereka mengeluarkan usaha lebih untuk dapat menembuskan spam ke email-email user. Dengan membuat spammer mengeluarkan biaya lebih, berarti keuntungan mereka dari bisnis ini semakin kecil, dan membuat mereka segera berpikir untuk menyudahinya, walau mungkin tidak dalam waktu dekat.
SUMBER :  mashable.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penghasilan Spam hanya 200 juta Dolar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel