Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Kita Butuh Enkripsi?

Sudah sering dengan istilah “enkripsi”? Tentu saja. Hanya tidak semua orang paham apa arti sebenarnya. Enkripsi adalah proses mengamankan data sensitif agar dan tidak bisa diakses oleh pihak yang tak diizinkan. Ada beberapa jenis modern enkripsi untuk memproteksi data elektronik seperti file email, folder, dan seluruh hard drive.

Perlu dipahami jenis enkripsi yang tepat sesuai kebutuhan. Misalnya pertimbangkan untuk menggunakan enkripsi folder yang tersedia bagi user Microsoft Windows. Enkripsi jenis ini cukup kuat untuk memproteksi data penting seperti data finansial, rekaman medis, dan sebagainya. Kelemahan enkripsi ini, masih aka nada versi sementara file sensitif yang tidak terenkripsi. Hapus saja file ini, sehingga bebas dari ancaman diakes oleh pihak lain.

Kelemahan enkripsi

Setiap teknik enkripsi memiliki titik lemah. Begitu kelemahan ditemukan maka segera dikembangkan lapisan keamanan baru untuk para user. Salah satu kelemahan yang paling umum terjadi ketika metode enkripsi atau biasa disebut cipher atau alogaritma yang semestinya menghasilkan kode acak, justru mendapatkan pola jelas, sehingga mudah dibobol.

Individu maupun organisasi yang membutuhkan proteksi tambahan bagi alogaritma enkripsinya sering mengimbuhkan kode ektra ke outputnya. Misalnya, tambahkan karakter pada password yang paling umum dan mudah ditebak, sehingga hacker tidak lagi gampang menerkanya.

Enkripsi juga dapat digunakan untuk memverifikasi integritas dari file atau software. Data biner mentah dari file atau aplikasi dijalankan melalui algoritma enkripsi khusus untuk menghasilkan sejumlah digit unik untuk file itu. Apabila ada hacker yang memasukkan kode berbahaya atau korupsi data acak, akan menghasilkan sebuah digit berbeda, sehingga akan diketahui.

Sesungguhnya enkripsi data itu cukup penting bagi setiap orang, bukan hanya perusahaan hanya besar dan pejabat pemerintah. Sebab pada dasarnya setiap individu memiliki data penting yang harus dilindungi, dan bisa dimanfaatkan para cybercriminal. Tertarik untuk mulai melakukan enkripsi? Silakan mencoba.

Posting Komentar untuk "Mengapa Kita Butuh Enkripsi?"